Sikap Tegas

Assalamualaikum wr wb.

Pada ksempatan kali ini saya akan membahas tentang sikap tegas terhadap non muslim, seperti apa sikap tegas yang harus kita lakukan pada umat non muslim.

Surat Al-Fath (Kemenangan) ayat 29,
بسم الله الر حمن الر حيم
ُّ 
مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاء عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاء بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعاً سُجَّداً يَبْتَغُونَ فَضْلاً مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَاناً سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِم مِّنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْراً عَظِيماً

[48 : 29] Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang KAFIR, tetapi berkasih sayang sesama mereka: kamu lihat mereka ruku dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang KAFIR (dengan kekuatan orang-orang mumin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. 48:29)

Di jelaskan pada ayat di atas bahwa  Nabi Muhammad keras terhadap orang2 kafir, tetapi tetap berkasih sayang sesama manusia.

* Dalam hal ini bisa di simpulkan bagaimana kita harus tegas kpd orang2 non muslim, bukan berarti kita harus membeci mereka, yang di maksud tegas dalam hal ini yaitu bagaimana kita harus memilih mana yang boleh di ikuti orang islam dan mana yang tidak, termasuk tradisi2 yang tidak bersumber dari islam (tradisi2 non muslim),

*Contoh gampang yang sering kita lihat di kehidupan nyata, saat anak2 muda merayakan hari Valentine hari yang di peringati pada tanggal 14 Februari, dimana orang non muslim menyebut hari itu adalah hari kasih sayang, ironoisnya banyak pemuda2 islam yang ikut merayakan hari Valentine padahal itu adalah tradisi yang tidak bersumber dari islam, disinilah kita harus tegas untuk tidak mengikuti tradisi2 yang tidak bersumber dari islam, dan kebetulan sekali pada ( selasa ) tgl 15 Februari 2011 umat islam memperingati hari kelahiran Rasulullah Muhammad SAW, dalam hal ini kita dapat mengetahui mana yang lebih melekat pada pemuda2  islam  apakah hari Valentine atau Maulid Nabi Muhammad SAW

Dari sedikit bahasan dan contoh yg saya berikan, bisa di jadikan barometer pada diri kita. Sudahkah kita menjadi pengikut Rasulullah yang sesuai dengan yang tertulis di Al-Qur'an.......?!

Di kutip dari : Khutbah Jum'at 28 Februari 2011
.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.
Sekilas Info dari Ken Arock Suzuran : hanya satu pesan dari saya, dan sebaiknya dijadikan pedoman "JANGAN BANGGA SEBELUM MASUK SURGA dan JANGAN TAKUT SEBELUM MASUK NERAKA" (cuma sekedar berbagi kata2 mutiara, cz nie bukan kata mutiara buatanq)