Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan Manusia

Bandeng adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada dan sudah punah. Ikan Bandeng hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan cenderung berkawanan di sekitar pesisir dan pulau pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2 - 3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadangkala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut jika sudah dewasa dan bisa berkembang biak kembali. Sejak lama bandeng dipercaya bisa meningkatkan kesehatan otak anak. sayangnya tingkat konsumsi ikan di indonesia masih sangat rendah yakni rata rata dibawah 30 kg per orang. jauh dibanding Jepang. Ikan bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih, rasa daging netral tidak asin seperti ikan laut lain dan tidak mudah hancur jika dimasak. bandeng memiliki 2 kelemahan yaitu, dagingnya 'berduri' dan kadang-kadang berbau 'lumpur'/'tanah'. Bau lumpur pada bandeng banyak dialami pada bandeng yang diambil dari tambak. Bandeng yang dipelihara di karamba hampir tidak berbau. Penyebab gejala bau lumpur adalah beberapa plankton Cyanobacteria, terutama dari genus Oscillatoria, Symloca, dan Lyngbia, yang menghasilkan geosmin. Apabila ikan tinggal di tempat yang kaya geosmin atau memakan plankton ini, dagingnya akan memiliki cita rasa tanah. Bau lumpur dapat diatasi paling tidak dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan memelihara ikan selama 7รข€”14 hari dalam air mengalir bebas biosmin sebelum dijual. Cara kedua adalah dengan perlakuan pemberian asam tertentu. Protein bandeng cukup tinggi. Kondisi ini menjadikan bandeng sangat mudah dicerna dan baik dikonsumsi oleh semua usia untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh, menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah penyakit akibat kekurangan zat gizi mikro. Ikan-ikanan termasuk bandeng ini rendah kolesterol. Lemak jenuh merupakan salah satu pemicu tersumbatnya pembuluh darah penyebab penyakit jantung koroner. Dengan rajin mengkonsumsi ikan merupakan salah satu cara diet tepat sebagai penangkal penyakit jantung koroner. Bandeng juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah sehingga mengurangi risiko terkena arteriosklerosis dan mencegah jantung koroner. Asam lemak bandeng ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta pendewasaan sistem saraf. Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Ikan juga mengandung asam lemak, terutama Omega-3, yang sangat penting artinya bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi untuk potensi kecerdasannya. Keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna.

Artikel Terkait



1 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

maknyuz y ikannya..

Poskan Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.
Sekilas Info dari Ken Arock Suzuran : hanya satu pesan dari saya, dan sebaiknya dijadikan pedoman "JANGAN BANGGA SEBELUM MASUK SURGA dan JANGAN TAKUT SEBELUM MASUK NERAKA" (cuma sekedar berbagi kata2 mutiara, cz nie bukan kata mutiara buatanq)