Manfaat Dari Belut

belut adl salah satu jenis ikan yang satu ini sangat menjijikkan bagi sebagian orang.

Walaupun dikelompokkan sebagai ikan, belut tidak suka berenang, lebih suka bersembunyi di dalam lumpur ataupun di liang (lubang) yang manjadi sarangnya. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi dengan baik, bahkan jenis belut yang hidup di gua-gua malahan buta sama sekali.

Kandungan Nutrisinya..

Belut mentah kandungan lemaknya cukup tinggi. Tapi hal ini bisa bisa dihilangkan khususnya untuk belut yang besar karena lemak belut berada diantara daging dan kulitnya. Lemak juga bisa dihilangkan dengan cara memanggang belut sehingga lemaknya akan mencair dan keluar dr pori 2x kulitnya.

Manfaatnya :

• Belut mempunyai nilai energi yang cukup tinggi, yaitu 303 kkal per 100 gram daging. Nilai energi belut jauh lebih tinggi dibandingkan telur (162 kkal/100 g tanpa kulit) dan daging sapi (207 kkal per 100 g). Karena itu belut sangat baik untuk digunakan sebagai sumber energi
.
• Kadar asam glutamat pada belut menjadikan belut berasa enak dan gurih. Dalam proses pemasakannya tidak perlu ditambah penyedap rasa.

• Protein belut juga kaya akan beberapa asam amino yang memiliki kualitas cukup baik, yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. Leusin dan isoleusin merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Asam glutamat sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.
Sekilas Info dari Ken Arock Suzuran : hanya satu pesan dari saya, dan sebaiknya dijadikan pedoman "JANGAN BANGGA SEBELUM MASUK SURGA dan JANGAN TAKUT SEBELUM MASUK NERAKA" (cuma sekedar berbagi kata2 mutiara, cz nie bukan kata mutiara buatanq)