Manfaat Kulit Manggis

Buah manggis berwarna putih dan bertekstur halus, serta memiliki rasa yang enak. Tapi ternyata, buah manggis gak hanya buahnya aja yang bisa dipergunakan.

Kulit buah manggis ada yang berwarna merah keunguan, ada juga yang berwarna merah itu ternyata juga memiliki banyak manfaat dan kelebihan, seperti untuk kesehatan dan juga sebagai pewarna alami.
Kulit buahnya mengandung senyawa pektin, tanin, dan resin yang dimanfaatkan untuk menyamak kulit dan sebagai zat pewarna hitam untuk makanan dan industri tekstil.

Sedang untuk kesehatan, kulit buah mengandung senyawa xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfa mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin dimana senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan.

Ekstrak kulit manggis bisa dijadikan obat melawan sel kanker meliputi payudara, hati, dan leukemia. Selain itu, juga digunakan untuk antihistamin, antiimpflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan tekanan darah, serta antiperadangan.Kulit buah juga mengandung antosianin seperti cyanidin-3-sophoroside, dan cyanidin-3-glucoside. Senyawa tersebut berperan penting pada pewarnaan kulit manggis.

Diluar negeri, kulit manggis sudah dikemas menjadi kapsul sebagai suplemen diet, antioksida.

Kulit manggis bisa menjadi obat beberapa penyakit seperti sariawan, sembelit, disentri dan mencret.

Untuk mengobati sariawan digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci, dan dipotong-potong direbus dengan 3 gelas sampai air sampai volume tinggal 1/2-nya, setelah dingin disaring kemudian dikumur dan terus diminum (3-6 x sehari 2 sendok makan)

Untuk mengobati disentri digunakan kulit dari buah manggis, dicuci dan di potong-potong, direbus dengan 4 gelas air sampai volume tinggal 1/2 gelas, setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4 gelas).

Untuk mengobati mencret digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong direbus dengan 3 gelas sampai air sampai volume tinggal 1/2-nya, setelah dingin disaring kemudian diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4gelas).

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.
Sekilas Info dari Ken Arock Suzuran : hanya satu pesan dari saya, dan sebaiknya dijadikan pedoman "JANGAN BANGGA SEBELUM MASUK SURGA dan JANGAN TAKUT SEBELUM MASUK NERAKA" (cuma sekedar berbagi kata2 mutiara, cz nie bukan kata mutiara buatanq)